Jumat, 06 Desember 2013

Alasan Kucing Takut Sama Air



Nah, kali ini aku akan membahas tentang kucing lagi, yaitu "kenapa kucing takut sama air?". Teman-teman pasti tahu, bahwa hampir semua kucing takut berdekatan dengan air (kecuali kucing jenis tertentu). Tapi tahukah kamu alasan kenapa kucing takut air? Ada beberapa alasan kenapa kucing bisa takut dengan air, diantaranya yaitu:
  • karena suhu air relatif lebih rendah daripada suhu tubuh kucing.
    Faktor utama yang membuat kucing takut air adalah karena suhu air yang relatif rendah, dan bisa membuat suhu tubuh kucing menjadi rendah juga. Apabila kucing sampai basah terkena air, maka akan sulit baginya untuk mengeringkan diri, karena dia tidak bisa langsung mengibaskan seluruh tubuhnya seperti anjing. Selain itu, basah tentunya akan membuat kucing kedinginan. Suhu tubuh yang dingin dalam jangka waktu yang relatif lama bisa membuat kucing itu sakit dan bahkan mati. Bahkan apabila hanya terkena air di bagian tertentu, misalkan dibagian telapak kaki, maka bagian yang terkena air itu akan menjadi dingin dan lebih sulit digerakkan (sama seperti kita kalau kedinginan jadi kaku). Karena itulah kucing secara insting tidak mau masuk ke dalam genangan air agar suhu tubuhnya tetap stabil.
  • karena air merupakan tempat yang subur untuk pertumbuhan beberapa jenis bakteri.
    Alasan kedua kenapa kucing tidak menyukai air adalah karena air merupakan tempat yang sangat subur dalam pertumbuhan bakteri. Jika diperhatikan, kucing tidak banyak berjemur dan tidak suka mendekati air. Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah salah satu faktor yang membuat kuman tidak ada pada tubuh kucing.
  • Karena trauma.
    Bukan hanya kita saja yang bisa mengalami trauma, tapi kucing pun bisa trauma. Kucing bisa trauma dengan air karena beberapa alasan, salah satu contohnya dia pernah tercebur kedalam kolam.cheesy-grin
Itulah beberapa alasan kenapa kucing takut sama air. Jadi kalau teman-teman mau memandikan kucing, mandikan menggunakan air yang hangat, agar suhu tubuh kucing tidak turun atau menjadi kedinginan. Kemudian keringkan tubuhnya dengan handuk atau pengering rambut (hair dryer). Semoga bermanfaat. wink

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates