Selasa, 02 September 2014

Cara memperbaiki hardisk rusak


Pada update kali ini saya akan memberi informasi mengenai tips pada Hardisk rusak, Hardisk memang salah satu komponen yang sangat mudah rusak baik internal maupun eksternal, Tetapi jangan khawatir dulu ada solusi di balik masalah, sayangkan harus ganti hardisk baru apalagi bila hardisk anda banyak sekali data-data pentingnya.
Bad Sector
Ini yang paling sering terjadi pada kerusakan Hardisk yaitu Bad sector. Untuk menanganinya ada beberapa cara. Namun cara ini disesuaikan dengan merk dan banyaknya bad sector. Untuk penangan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C (sesuaikan dengan drive yg akan diformat). /C gunanya untuk membersihkan cluster yg rusak. Jika belum berhasil bisa gunakan program Disk Manager dari masing-masing pabrik pembuat Hardisk tersebut atau gunakan software HDDREG. Terakhir, jika masih membangkang sobat bisa lakukan pemotongan sector harddisk yg rusak, dengan cara membaginya dan tidak menggunakan sector yang rusak tetapi cara ini agak susah untuk bagi yang masih awam.
Hilang Partisi
Kerusakan pada ini adalah kehilangan Partisi Hardisk dan Data. Biasanya disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program. Yang perlu diperhatikan ketika menghadapi kerusakan ini yaitu kapasitas hardisk dan Jenis File Sistemnya. Partisi dengan File System FAT lebih mudah dikembalikan dibanding NTFS atau File System Linux. Cek terlebih dahulu partisi hardisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director dan Handy Recovery.
Tidak Terdetek
Kerusakan ini juga sering terjadi menjangkit pada hardisk kita biasanya hardisk hanya terdetek pada BIOS tetapi tidak bisa digunakan, selalu muncul pesan error pada saat komputer. Biasanya ini disebabkan FIRMWARE dari hardisk tersebut yg bermasalah. Untuk memperbaikinya, bisa download program Firmware dari website masing-masing merk hardisknya.
Mati Total
Kerusakan ini saya menyebutnya kerusakan dewa karena memang sangat sulit. Kerusakan pada tahap ini Hardisk tidak terdeteksi oleh BIOS dan tidak bisa digunakan lagi. Tetapi tenang kita masih bisa mengakalinya yaitu dengan cara Menganggulangi hardisknya seperti Mengecek arus listrik yg mengalir ke hardisk,Mengganti IC pada mainboard Hardisk, Buka Penutup Cover hardisk dan cek posisi Head hardisk. Tetapi apabila memang sudah pusing kalian bisa melakukan cara kanibal yaitu dengan menggabungkan beberapa hardisk dengan kerusakan yang berbeda dan menjadikannya satu kesatuan tetapi cara ini biasanya cocok hanya untuk merk yang sama.
Demikian beberapa tips memperbaiki kerusakan Hardisk dari saya, Apabila kalian punya informasi lebih boleh menuliskannya di kolom komentar, Kepintaran yang terbaik adalah ketika kita bisa memberi manfaat bagi orang lain. Selama berbagi ï??

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates