Jumat, 21 Februari 2014

BINGUNG PILIH JURUSAN KULIAH








bingung



Mau lanjut kuliah dimana ya ?
Jurusan yang cocok untuk aku apa ya ?
Weleh…weleh…weleh…
BINGUNG YA ???
Nggak usah bingung ya sobat
Harus diakui memilih jurusan kuliah memang harus dipertimbangkan secara matang, karena hal ini menyangkut masa depan anda nantinya. Anda tentu nggak mau kan karena salah pilih jurusan yang akhirnya membuat anda merasa sulit untuk memahami pelajaran atau lebih parahnya lagi menjadi bosan untuk belajar. Kembali ke perihal masa depan, pastinya mada depan anda akan bermasalah bukan ?
Ya jelas dong….. ?? Kompetensi apa sih yang anda dapatkan dari kuliah yang membosankan itu. Rugi waktu, rugi biaya, dan banyak sekali rugi-rugi yang lain akan datang menghampiri anda.

Baik teman-teman visitor weblog hadikonsultasionline.wordpress.com saya akan akan memberikan Tips dan Trick untuk membantu anda memecahkan masalah ini, lets go !! Disimak ya !! :D :D
1)   BERTANYALAH KEPADA DIRI ANDA SENDIRI
“Siapa yang lebih mengenal diri anda,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, Kalo bukan diri anda sendiri”
Maka bertanyalah kepada diri anda sendiri.
Untuk mempermudah teman-teman semua berikut ini saya siapkan urutan daftar pertanyaan yang saya buat khusus untuk anda, dijawab ya bro….. :
a)    Apa mata pelajaran yang saya kuasai dan tidak saya kuasai waktu sekolah dulu ?
b)   Apa saya mempunyai basic knowladge untuk jurusan kuliah tersebut ?
c)    Apakah saya mempunyai minat, bakat, semangat belajar dan komitmen untuk memilih jurusan kuliah tersebut ?
d)   Seberapa luas sih pengetahuan umum saya terhadap jurusan kuliah itu ?
e)    Seberapa besar sih minat, bakat, semangat belajar dan komitmen saya untuk mengambil jurusan kuliah ini ?
f)    Dimana saya akan kuliah ? Apakah tempat kuliah dan jurusan kuliah yang saya ambil tersebut bonafide/terakreditasi BAN ? Seberapa jauh tempat kuliah dengan tempat tinggal saya ? Bagaimana lingkungan kampusnya ? Apa prestasi kampusnya ?
g)   Seberapa banyak pesaing saya yang juga ingin masuk jurusan kuliah tsb ?
h)   Apakah saya yakin dapat bersaing dengan mereka ?
i)     Bagaimana teknis perkuliahan saya nantinya ? Bagaimana ya sistem kuliahnya ?
j)     Berapa besar biaya yang harus saya siapkan ? Berapa lama lulusnya ?
k)   Gelar Akademis apa yang akan saya dapatkan nantinya ?
l)     Berapa banyak pesaing saya di dunia kerja yang mempunyai gelar akademis yang sama ?
m) Apakah saya dapat bersaing dengan mereka ?
n)   Apakah dengan gelar akademis tersebut ada sektor lapangan pekerjaan yang dapat saya tempati atau dapat saya ciptakan ? Bagaimana jenjang karir saya suatu saat nanti ?
Oh iya teman-teman sebelum melangkah ke TIPS dan TRICK yang kedua saya sarankan agar anda memikirkan minimal 2 (dua) alternatif  jurusan kuliah sebagai cadangan apabila nilai anda kurang mencukupi untuk jurusan kuliah yang anda favoritkan.
2)   BERTANYALAH DAN MINTALAH SARAN KEPADA ORANG LAIN
Setelah bertanya kepada diri anda sendiri dan anda merasa sudah sangat yakin terhadap jurusan kuliah yang akan dipilih nantinya, maka lanjutkan dengan bertanya serta berkonsultasi dengan orang lain yang anda percaya dapat memberikan pencerahan, seperti teman, pacar, kakak, paman, kakek, dan lain sebagainya.
Perlu diperhatikan ; Agar teman-teman tidak merasa bingung dengan beragam saran yang diberikan orang lain tersebut, maka kita harus menyikapinya dengan tenang serta penuh dengan pertimbangan, sehingga kita tidak terpengaruh dengan opini-opini rancu.
Ingat ya friends jadikan sebagai BAHAN PERTIMBANGAN SEMATA.
3)   BERTANYALAH, BERKONSULTASILAH, MINTALAH SARAN, DAN MOHON DOA RESTU KEPADA ORANG TUA ANDA
Sebagai anak yang berbakti dan untuk menghormati serta menghargai kedua orang tua anda maka ada baiknya anda “SAWON” terlebih dahulu dengan Mereka.
Ceritakanlah dengan baik perihal rencana anda memilih jurusan kuliah tersebut lengkap dengan alasannya.
a)      Tanyalah bagaimana pendapat Mereka ?
b)      Konsultasikan perihal biaya kuliah dengan Mereka ?
(Hal ini bila anda masih dibiayai)
c)      Mintalah petunjuk/saran ?
Jika orang tua anda sudah SETUJU dengan rencana anda itu maka mohon doa restu kepada Mereka supaya lancar, selamat sampai ke tujuan dan sukses. INSYA ALLAH.
Jika orang tua anda KURANG SETUJU perihal pemilihan jurusan kuliah anda itu, maka silahkan ceritakan masalah anda kepada kami, isi formulir konsultasinya dan segera kita tindak lanjuti.
4)   BERDOALAH KEPADA ALLAH SWT
Sebelum semuanya dimulai seperti ; registrasi/mendaftarkan diri, ikut USM (Ujian Saringan Masuk), dan
Setelah semuanya anda lalui serta mulai berjalannya kuliah maka TERUSLAH BERDOA KEPADA ALLAH SWT
BERUSAHA, BELAJAR DAN BERDOA
INGAT ITU YA…. , INGATLAH KEPADANYA.
JANGAN SIA-SIAKAN MASA MUDA ANDA DI KAMPUS HANYA UNTUK BERGAYA, TEBAR PESONA, PACARAN, DAN BERFOYA-FOYA
SEMOGA ANDA BERHASIL DAN SUKSES. AMIN YA RABB………………….


Tag : Bingung Memikirkan Kuliah Dimana,cara mememilih kuliah yang tepat,bingung dimana kuliah,bingung kuliah atau nggak,pusing memikirkan kuliah atau nggak

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates